SEHARI BELAJAR DI LUAR KELAS


Dalam rangka mendukung pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA), SMP Negeri 2 Kebumen sebagai salah satu SMP yang berkomitmen untuk menjadi Sekolah Ramah Anak  melaksanakan kegiatan Sehari Belajar di Ruang Kelas, yang dilaksanakan secara serentak secara internasional dan nasional, pada hari Kamis tanggal 7 Nr 2019. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan SMP Negeri 2 Kebumen sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA), yaitu sekolah yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. Dengan demikian, anak-anak dapat belajar dan berkreasi secara optimal dengan dukungan sekolah, orang tua, dan masyarakat yang optimal.

Serangkaian kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kebumen meliputi (1) penyambutan peserta didik dengan Senyum, Sapa, Salam, sebagai wujud Sekolah Ramah Anak, (2) menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza dan Mars SMP Negeri 2 Kebumen sebagai wujud penguatan pendidikan karakter nasionalisme, (3) doa,  Asmaul Husna, dan Sholawat sebagai wujud karakter religiusitas, (4) literasi baca tulis dengan membaca dan menulis kembali buku nonpelajaran, (5) senam Maumere sebagai wujud sekolah sehat dan gerakan masyarakat sehat, (6)  permainan tradisional, seperti Jamuran, sebagai wujud literasi budaya, (7) simulasi tanggap bencana, terutama gempa bumi melalui gerak dan lagu, (8) gerakan menabung bersama Bank Mandiri sebagai wujud literasi keuangan, (9) cuci tangan, makan kudapan bersama berbasis makanan lokal, dan kebersihan atau pengecekan lingkungan sekolah, sebagai wujud Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, hemat energi, serta pensikapan positif terhadap perubahan iklim, (10) peneguhan komitmen sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) dengan Tepuk Hak Anak, Yel-Yel Sekolah Ramah Anak (SRA), dan penandatangan Deklarasi Sekolah Ramah Anak, (11) pembiasaan sholat Dhuha sebagai wujud karakter religius, serta (12) ditutup dengan doa bersama dan menyanyikan Lagu Maju Tak Gentar.

Selain segenap pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik SMP Negeri 2 Kebumen, hadir pula dalam acara tersebut Kepala Dispermades dan P3A Kabupaten Kebumen, Drs. Frans Haedar, MPA, beserta Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Marlina Indrianingrum, S.KM, M.Kes. Hadir juga Ketua Ikatan Alumni SMP Negeri 2 Kebumen (ESPRESO), Ahmad Haujaki Al Amkani, yang sekaligus anggota DPRD Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut juga dihadiri dan didukung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Ketua Komite Sekolah, Sri Darmadji beserta anggota dan Pengurus Paguyuban Orang Tua Murid (POMG) semua kelas di SMP Negeri 2 Kebumen serta pemangku kepentingan yang lain. Selain itu juga, Tim Pelaksana UKS Kecamatan Kebumen sebagai bentuk dukungan dalam upaya mewujudkan sekolah sehat dan ramah anak. Bahkan Kepala Dispermades P3A, secara spontan memberikan apresiasi penghargaan dalam bentuk buku bacaan dan buku tulis kepada 10 anak yang melaksanakan literasi dan kegiatan secara baik.<

Dengan kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas diharapkan sbeagai langkah awal agar SMP Negeri 2 Kebumen benar-benar mampu mewujudkan slogan Sekolah Ramah Anak (SRA), yaitu BARISAN (Bersih, Aman, Ramah, Inklusif, Sehat, Asri dan Nyaman). Hal itu sekaligus sebagai rasa syukur dan persiapan untuk SMP Negeri 2 Kebumen dalam mempersiapkan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020 karena pada tahun 2019 ini telah menjadi Juara I Lomba Sekolah Sehat Jenjang SMP/MTs Tingkat Kabupaten Kebumen.


Copyright © 2021 - 2024 SMP NEGERI 2 KEBUMEN