PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS


PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS 

MELALUI PERINGATAN MAULUD NABI MUHAMMAD SAW 1443 H

Senin, 18 Oktober 2021

Memasuki bulan Robiul Awal (bulan Maulud) umat islam seluruh dunia termasuk Indonesia akan menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Hijriah. Peringatan tersebut bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran Nabi Muhammad SAW. Sebagai umat muslim kita harus bisa meneladani akhlak Rasulullah SAW sebagai bekal  pribadi yang unggul. Kita harus mengambil inti sari dari maulid nabi, Umat Islam harus menjadi pelopor persatuan. Oleh karena itu ukhuwah islamiyah dan ukhiwah watoniyah terus diper-erat.

SMP Negeri 2 Kebumen dan OSIS sekbid 1 Iman dan Taqwa, mengajak seluruh keluarga besar SPENDA untuk mengikuti kegiatan pembinaan karakter religious melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Senin,18 Oktober 2021. Pra acara ditampilkan seni hadroh yang dibina oleh  Bpk Aziz Ramadani, S.Pd. Lantunan lagu lagu Islami menyambut kelahiran nabi dan sholawat ini dibawakan dengan sangat merdu dan kompak.

Dalam sambutannya Ibu Tjandra Agustina Dewanti Kepala SMP Negeri 2 Kebumen menyampaikan memang jarak antara kehidupan kita dengan kehidupan Rosululloh sangatlah panjang, tetapi kita bisa menghadirkan sosok keteladanan beliau dalam kehidupan sehari hari. Anak yang meneladani beliau adalah anak anak yang berkarakter baik, berjiwa Pancasila.

Penyerahan piala dan piagam juga diserahkan kepada Muhammad Gilang Afriansyah sebagai peraih juara III MAPSI bidang Tilawah tingkat SMP Kabupaten Kebumen. Beliau terus mendorong anak anak untuk terus beprestasi. Anak yang juara tidak akan sia sia, semua ada hikmahnya. Jadilah anak anak juara di Sekolah Anak Juara (SPENDA sekolah anak juara)

 Kegiatan ini diisi  oleh peceramah dari Pondok Pesantren Al Istiqomah Karangsari Kebumen yaitu Bapak KH Johan Amru Al Hafidz. Kegiatan dilaksanakan secara langsung untuk anak anak yang terjadwal Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan secara tidak langsung/live streaming bagi anak anak yang terjadwal Belajar Dari Rumah (BDR) melalui chanel youtube https://youtube.be/IlclQAC5aq8. Di sela sela ceramahnya juga diselingi iringan music hadroh sehingga anak anak merasa gembira dan bersemangat dengan tetap melaksanan prokes, memakai masker,jaga jarak dan menjaga kebersihan.

Dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa kelahiran Nabi Muhammad SAW membawa perubahan yang sangat besar bagi umat manusia diseluruh dunia antara lain : (1) Perintah untuk belajar dibuktikan degan surat yang pertama kali turun adalah QS Al Alaq (Iqro) yang artinya bacalah,  (2) Memiliki akhlakul karimah (ahlak yang baik) toleransi yang tinggi dan ukhuwah islamiyah yang kuat. (3) Memiliki rasa kasih sayang sehingga akan terjadi keseimbanan dalam bermasyarakat. Diharapkan para pelajar memiliki bekal ilmu Agama, agar keimanan dan ketakwaan semakin kuat.

Para pelajar juga harus bisa memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat untuk keperluan yang positif. Jangan sampai para pelajar diperbudak kecanggihan teknologi. Acara ini ditutup pada pukul 10.00 WIB dengan doa dan diakihiri dengan membaca bacaan hamdalah bersama.

Copyright © 2021 - 2024 SMP NEGERI 2 KEBUMEN